Notasi Vektor

Dari uraian tersebut diketahui bahwa kecepatan arus sungai memiliki besar dan arah. Demikian pula kecepatan perahu memiliki besar dan arah. Jika kedua kecepatan diresultankan (digabungkan/ditambahkan), akan dihasilkan rsultan kecepatan yang juga memiliki besar dan arah. Besaran yang memiliki besar dan arah disebut besaran vektor. Pada besaran vektor juga berlaku operasi-operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.
 
Menggambar Vektor
Sebuah vektor digambarkan dengan sebuah anak panah. Panjang anak panah menggambarkan nilai (besar) vektor, sedangkan arah anak panah menunujukkan arah vektor. Gambar berikut menunjukkan sebuah vektor dengan titik tangkap di O, ujung vektor di A, dan arahnya dari O ke A. Titik tangkap anak panah adalah titik tempat vektor tersebut bekerja. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar sebuah vektor berikut ini
 
 
Besar vektor diwakili oleh panjang vektor. Misalnya sebuah vektor gaya memiliki arah ke kiri dan panjangnya 1 cm, dapat dilukiskan dengan diagram vektor pada gambar berikut
 
Gambar a 
 
Vektor gaya yang memiliki arah ke kanan dan panjangnya 5 cm dapat dilukiskan dengan diagram vektor pada gambar b. Panjang anak panah pada gambar b adalah 5 kali panjang anak panah pada gambar a. Dengan demikian, besar vektor gaya ke kiri 5 kali besar vektor gaya ke kanan. 
 
Gambar b 
 
Notasi vektor dapat ditulis dengan huruf besar (kapital), misalnya F. Adapun Dua buah vektor bisa disebut sama jika besar dan arahnya sama.  
« Previous | Next »