Jarak Dan Perpindahan

Pembahasan mengenai benda yang bergerak berhubungan erat dengan berbagai besaran, di antaranya adalah perpindahan dan jarak. Menurut anda, samakah pengertian antara perpindahan dengan jarak?
Pada dasarnya perpindahan dan jarak merupakan dua pengertian yang berbeda. Dalam ilmu fisika, perpindahanmerupakan besaran vektor, sedangkan jarak merupakan besaran skalar. Untuk dapat membedakan dengan jelas antara perpindahan dengan jarak, perhatikanlah ilustrasi berikut
 
 
Apabila anda membicarakan perpindahan, anda perlu mengetahui arah perpindahan tersebut. Perpindahan dapat berharga positif maupun negatif bergantung pada titik acuan dan arah gerak.
Bagaimana jarak dan perpindahan jika sebuah benda begerak dalam arah sumbu x dan sumbu Y? Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di atas. Gambar tersebut menunjukkan lintasan beda yang bergerak dari a ke b, dan dilanjutkan ke c. Lintasan benda dari a - b - c disebut jarak tempuh, sedangkan lintasan dari a langsung ke c tanpa melalui b,disebut dengan perpindahan.
 

iDevice icon Kecepatan dan Kelajuan
Kecepatan dan kelajuan memiliki pengertian berbeda. Kecepatan merupakan besaran vektor, sedangkan kelajuan merupakan besaran skalar. Kelajuan sebuah benda ditentukan oleh jarak tempuh benda dan selang waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut, tanpa memperhatikan arah perpindahannya. Lain halnya dengan kelajuan, kecepatan ditentukan oleh perpindahan benda dan selang waktu yang dibutuhkan untuk berpindah dengan memperhatikan arah perpindahan. Untuk lebih paham terkait dengan konsep kecepatan dan kelajuan, perhatikanlah ilustrasi berikut
 

 
Seorang anak berjalan dari titik a menuju b, dan dilanjutkan ke c. Jika jarak a - b adalah 4 km dan jarak b - c besarnya 3 km, serta waktu yang diperlukan untuk sampai di c adalah 30 menit, hitung kelajuan dan kecepatan anak tersebut.
 
Jawaban:
Besarnya kelajuan anak tersebut dihitung dengan persamaan V = s/t, di mana s adalah jarak tempuh dari a - b - c dan t adalah waktu tempu. Jadi kalajuan anak tersebut adalah
Untuk mencari kecepatan yang ditempuh anak, maka haruslah dicari terlebih dahulu perpindahan anak tersebut. Besarnya perpindahan yang ditempuh anak dapat dicari dengan dalil Phytagoras, dan akan didapat hasil sebesar 5 km. Oleh karena itu, kecepatan anak tersebut adalah

iDevice icon Kecepatan Sesaat dan Kelajuan Sesaat
Ketika anda mengendarai atau menaiki kendaraan bermotor, pernahkah anda memperhatikan speedometer kendaraan tersebut? Selama perjalanan, speedometer yang berfungsi dengan baik akan menunjukkan angka-angka yang berbeda. Seperti yang anda ketahui, bahwa speedometer merupakan alat pengukur kelajuan.
 
 
Adapun besaran yang diukur oleh speedometer tersebut adalah kelajuan sesaat. Secara matematis, kelajuan sesaat ini merupakan limit kelajuan rata-rata untuk selang waktu yang sangat singkat (Δt ≈ 0).
 

 

« Previous | Next »