Gelombang Elektromagnetik

Berdasarkan kebutuhannya terhadap medium perantara, gelombang dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik dalam perambatannya membutuhkan medium perantara, seperti gelombang permukaan air dan gelombang pada tali. Adapun gelombang elektromagnetik tidak membutuhkan medium perantara untuk merambat. Cahaya matahari yang setiap hari anda nikmati merupakan contoh gelombang elektromagnetik.
Jika ditinjau dari satu arah, perambatan gelombang elektromagnetik dapat digambarkan seperti berikut.
 

Pada ilustrasi di atas, terdapat dua macam gelombang yang diwujudkan dengan warna yang berbeda. Gelombang warna merah adalah gelombang medan listrik (E), sedangkan gelombang warna biru adalah gelombang medan magnet (B).

Berdasarkan ilustrasi di atas, didapatkan beberapa hal sebagai berikut:

1) Gelombang elektromagnetik merupakan perpaduan getaran medan listrik danmedan magnet yang merambat, di mana arah getar kedua medan saling tegak lurus

2) Arah getar gelombang elektromagnetik tegak lurus terhadap arah rambatnya, sehingga gelombang elektromagnetik termasuk gelombang transversal.

James Clerk Maxwell, seorang fisikawan inggris berhasil menentukan cepat rambat gelombang elektromagnetik dalam ruang hampa (c) dengan persamaan

iDevice icon Pembuktian Hipotesis Maxwell Tentang Gelombang Elektromagnetik
Untuk membuktikan hipotesis dan perhitungan Maxwell, Heinrich Rudolph Hertz (1857-1894), seorang fisikawan jerman malakukan percobaan dengan menggunakan peralatan khusus. Dalam percobaannnya, Hertz juga berhasil mengukur cepat rambat gelombang elektromagnetik sesuai dengan nilai yang diramalkan Maxwell. Dengan demikian, hasil percobaan Hertz mendukung sepenuhnya hipotesis Maxwell tentang gelombang elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik memiliki beberapa sifat. Untuk melihatnya, tekanlah tombol berikut

« Previous | Next »